Home » » Kalau Lapar Makan Roti

Kalau Lapar Makan Roti

Al Kisah Suatu ketika Nasrudin sedang berada dalam perjalanan bersama dengan pastur dan yogi. Pada hari kesekian, bekal mereka hanya tinggal sepotong kecil roti, sedang hari sudah hampir gelap dan tentu saja tidak ada kedai yang buka dan menjual makanan.

Singkat cerita masing - masing dari mereka merasa berhak untuk memakan roti itu, karena mereka bertiga memiliki andil dan saham yang sama. akhirnya setelah berdebat seru, mereka pun sepakat untuk memberikan sepotong roti itu kepada siapa saja dari mereka bertiga yang pada malam itu memperoleh sebuah mimpi yang paling relijius. 

Kemudian tidurlah mereka bertiga 

(singkat cerita)

Pada ke-esok-an harinya, sesuai dengan perjanjian saat bangun, mereka bertiga harus menceritakan mimpi mereka malam harinya dan siapa yang memperoleh mimpi paling relijius dialah yang paling berhak memakan sisa roti. 

Sang Pastur pun mulai bercerita: "aku bermimpi melihat kristus membuat tanda salib. Itu adalah tanda yang istimewa sekali."

Kemudian Yogi menukas, "Itu memang istimewa. Tapi aku yakin mimpiku lebih istimewa karena aku bermimpi melakukan perjalanan ke nirwana, dan menemui tempat paling damai."

Nasrudin pun menceritakan mimpinya " Tadi Malam aku bermimpi sedang kelaparan di tengah gurun, dan kemudian tampak bayangan nabi Khidir mendekat dan bersabda 'Kalau engkau lapar, makanlah roti itu' Jadi aku langsung bangun tadi malam dan memakan sisa roti saat itu juga."